Sentimen dari Dalam & Luar Negeri Mempengaruhi Pergerakan IHSG

 

Sumber Gambar : Google Images

Nabung Saham – Jakarta. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terlihat mulai mengakhiri tren penurunannya. IHSG telah terkoreksi sebesar 2,94 persen selama sebulan terakhir. Terpantau asing telah melakukan penjualan bersih pada seluruh pasar senilai Rp 10,99 triliun dalam sebulan terakhir. Sedangkan, sejak awal tahun dana asing yang keluar dari seluruh pasar mencapai Rp 23,87 triliun.

Pergerakan IHSG Dipengaruhi Oleh Sentimen dari Dalam dan Luar Negeri

Sentimen negatif dari luar yang mempengaruhi IHSG yaitu isu perang dagang antara Amerika dan China. Selain itu, rencana Bank Sentral Amerika (The Fed) yang secara bertahap akan menaikkan suku bunganya pada tahun ini juga turut membuat gejolak di hampir semua bursa saham di dunia. Namun hal ini diprediksi tidak berlangsung lama karena saat ini pasar hanya mencari titik keseimbangan baru.

Sedangkan, sentimen negatif dari dalam negeri yaitu melemahnya daya beli masyarakat. Seperti dikutip dari Kontan.co.id, berdasarkan hasil survei saat ini masyarakat lebih banyak mengalokasikan dananya untuk menabung daripada melakukan pembelanjaan.

Selain itu, valuasi IHSG pada awal tahun juga terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan bursa saham Asia lainnya. Setelah mengalami koreksi, saat ini Price Earning Ratio (PER) IHSG berada di angka 16,2.

Peluang IHSG untuk mencatatkan kinerja positif hingga akhir tahun ini masih terbuka lebar. Pasalnya pertumbuhan ekonomi masih dalam zona positif. Selain itu, daya beli masyarakat akan terdorong oleh kucuran dana kampanye di tahun politik ini, serta event Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakarta dan Palembang.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *