Minggu ini, Investor Asing Masih Keluar dari Bursa

Investor asing masih keluar dari bursa walaupun akhir pekan lalu Moody’s Investor Service menaikkan rating utang domestik dan luar negeri Indonesia menjadi Baa2 (outlook stabil) dari sebelumnya Baa3 (outlook positif). Sejak awal pekan ini hingga hari Rabu (16-18 April 2018) investor asing masih mencatatkan penjualan bersih Rp 1,51 triliun. Penjualan bersih oleh asing tidak hanya terjadi di Indonesia, berikut ini sajian data net jual/beli investor asing di Bursa Asia periode 16-18 April 2018.

Dari grafik di atas terlihat penjualan bersih asing terbesar terjadi pada Bursa Taiwan yaitu senilai Rp 6,1 triliun. Sedangkan untuk pembelian asing terbesar terjadi pada Bursa Jepang yaitu senilai 39,5 triliun.

Asing sementara ini cenderung mengalihkan dananya dari emerging market ke developed market. Hal ini dapat dilihat pada grafik diatas yaitu pada periode 16-18 April 2018 terjadi penjualan bersih oleh Asing di negara-negara emerging market di Asia antara lain India, Thailand, Indonesia, dan Vietnam.

Siang ini, terpantau IHSG menutup sesi I dengan naik 13,84 poin (+0,22%) ke level 6333,85.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *