Belajar Saham

Saran Investasi Saham Terbaik dari Warren Buffett untuk Pemula

Sumber gambar: Google Images

“Ketika seseorang dengan uang bertemu dengan seseorang dengan pengalaman, orang yang memiliki pengalaman akan mendapatkan uang, dan sebaliknya orang yang memiliki uang akan mendapatkan pengalaman.”

Ini adalah tanggapan Warren Buffett, pada ulang tahunnya yang ke-87, ketika ditanya tentang nasihat investasi terbaiknya.

Dia mengatakan bahwa pengalaman adalah kunci utama untuk menjadi investor yang sukses.

Namun, bagaimana dengan mereka yang baru berinvestasi? Bagaimana jika Anda tidak punya pengalaman?

Nah, untungnya Anda bisa belajar dari investor yang punya pengalaman – contohnya seperti Warren Buffett sendiri.

Berikut ini 8 tips investasi yang terbukti dari Warren Buffett:

1. Diversifikasi tidak selalu merupakan ide yang bagus

Banyak investor yang baik menekankan pentingnya diversifikasi. Tetapi Warren Buffett cenderung tidak setuju dengan gagasan itu.

Buffett mengatakan bahwa diversifikasi adalah untuk orang yang tidak tahu banyak tentang investasi. Investor yang berpengalaman harus memilih saham secara jangka panjang dan harus memiliki keyakinan atas investasinya.

Beberapa investor mendiversifikasi portofolio mereka karena mereka takut bahwa setiap saham dapat menenggelamkan seluruh portofolio mereka; tetapi, ketika melakukannya, menjadi jauh lebih sulit untuk melacak kejadian terkini yang memengaruhi setiap perusahaan. Jadi, dengan melakukan diversifikasi, mereka dapat mengurangi volatilitas portofolio mereka, tetapi pada saat yang sama mereka mengurangi fokus mereka pada investasi individu.

Buffett menunggu kesempatan untuk membeli saham yang bagus, dan ketika peluang itu datang, dia mengambil keuntungan penuh. Menurut Buffett, “Saat hujan turun, keluarkan ember bukan bidal.”

2. Investasikan diri Anda terlebih dahulu

“Investasi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah kemampuan Anda sendiri. Apa pun yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan kemampuan atau bisnis Anda sendiri kemungkinan akan lebih produktif.”

Warren Buffett mengatakan bahwa investasi terbaik yang dapat dilakukan adalah kemampuannya sendiri. Kebanyakan orang tidak akan menghasilkan sebagian besar uang mereka dari pasar saham secara instan. Mereka harus melalui berbagai proses pembelajaran & pengalaman. Jadi, mari berinvestasi terhadap diri kita terlebih dahulu.

Mitra Buffett, Charlie Munger memiliki pemikiran serupa. Rahasia kesuksesan Munger: investasikan waktu Anda satu jam setiap hari, dan gunakan waktu tersebut untuk membuat diri Anda menjadi lebih baik.

3. Percayalah pada diri Anda untuk menjadi investor yang sukses

Buffett mengatakan bahwa hal tersulit adalah mempercayai keputusan investasi Anda. Anda selalu berpikir bahwa orang lain benar dan Anda salah. Sebaliknya, Anda perlu belajar dan percaya pada diri sendiri.

Agar berhasil, Anda perlu mengatasi rasa takut dan tidak memperhatikan apa yang dikatakan orang lain kepada Anda. Kumpulkan pengetahuan dan buat keputusan investasi sendiri dan jadilah pemenang.

4. Hanya buat investasi yang Anda pahami

Warren Buffett mengatakan bahwa banyak orang berpikir sedikit sebelum melakukan investasi apa pun – dan terkadang berpikir terlalu banyak.

Buffett memperingatkan bahwa Anda tidak boleh berinvestasi dalam bisnis yang tidak sepenuhnya Anda pahami.

Dia mengatakan bahwa jika sebelum dia berinvestasi dalam saham perusahaan, dia harus terlebih dahulu memahami bagaimana perusahaan menghasilkan uang dan driver utama yang mempengaruhi industrinya dalam waktu tidak lebih dari 10 menit. Jika dia tidak dapat memahaminya dalam 10 menit, dia bergerak untuk mengevaluasi perusahaan lain atas dasar ini.

Kebanyakan orang tidak dapat memprediksi tren mode berikutnya di kalangan remaja atau apakah obat yang akan sukses di pasar. Bahkan jika jika Anda memiliki lebih banyak data daripada orang lain, masih tidak mungkin memprediksi masa depan dengan akurasi 100%.

Dalam situasi yang bergantung pada perkiraan masa depan yang akurat, Buffett menyarankan untuk tidak berinvestasi. Jika itu rumit untuk Anda, cari saja bisnis lain untuk berinvestasi.

Buffet pernah mengatakan bahwa dari sekitar 10.000 perusahaan yang diperdagangkan secara publik, ia ingin berinvestasi hanya dalam beberapa ratus perusahaan – bahkan sebelum memperhitungkan penilaian!

5. Pastikan Anda memilih berita yang tepat untuk fokus

Salah satu kiat investasi terbaik dari Warren Buffett adalah tidak menaruh terlalu banyak saham (yang tidak ada maksud) ke setiap judul berita yang Anda lihat.

Buffett percaya pada aturan 99-1. Sebagian besar investor mengambil tindakan berdasarkan 1% dari berita keuangan yang mereka konsumsi. Dengan begitu, mereka dengan cepat menjual saham mereka setiap kali muncul berita buruk – misalnya pendapatan perusahaan turun 10%. Jika perusahaan dalam contoh khusus ini telah berkecimpung dalam bisnis selama, katakanlah, 100 tahun, maka Buffett mengatakan bahwa perusahaan itu pasti mampu menahan kejadian seperti itu. Dengan kata lain, orang sering cenderung bereaksi berlebihan.

6. Membeli saham perusahaan adalah membeli bagian dari bisnis

Bayangkan Anda membeli saham kepemilikan di toko swalayan di sekitar sudut dari rumah Anda. Secara otomatis Anda akan berpikir tentang persaingan, pemasok, harga, dll. Anda harus berpikir baik tentang lokasi spesifik maupun posisi kompetitifnya di pasar.

Demikian pula, ketika membeli saham, Anda perlu memikirkan semua hal ini – sama seperti orang yang menjalankan bisnis tersebut.

Saat Anda membeli saham, Anda tidak hanya membeli selembar kertas atau simbol ticker. Membeli saham perusahaan adalah membeli kepemilikan dalam BISNIS.

7. Belajar dari kesalahan Anda dan lanjutkan

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa bahkan Warren Buffett membuat kesalahan – kesalahan besar juga. Tetapi dia memastikan bahwa dia belajar dari kesalahannya.

Buffett menyarankan agar menyimpan catatan kesalahan yang Anda buat sehingga Anda tahu apa yang salah dan pastikan Anda tidak mengulanginya lagi.

Buffett lebih lanjut mengatakan bahwa Anda harus berbagi pelajaran ini dengan anak-anak dan cucu Anda sehingga mereka tahu kesalahan apa yang tidak perlu dilakukan.

8. Jangan menjadi “day trader

Menurut Buffett, rahasia untuk mendapatkan laba atas investasi yang lebih baik adalah membeli saham dan melupakannya. Dia percaya memiliki mentalitas beli-dan-tahan dan bersikeras memegang saham selama beberapa dekade.

Ada dua prinsip di balik ini: (1) jika Anda membeli saham kurang dari nilai yang sebenarnya, harga saham pada akhirnya akan menyatu dengan nilai intrinsiknya; dan (2) jika Anda membeli bisnis yang luar biasa, nilai bisnis itu akan bertambah dan meningkat secara eksponensial semakin lama Anda mempertahankannya. Jadi, investor yang sabar akhirnya akan mendapatkan hasil yang mengejutkan jika mereka mempertahankan saham mereka untuk waktu yang lebih lama. Bagi Buffett, waktu adalah teman dari bisnis yang luar biasa.

“Jika Anda tidak mau memiliki persediaan selama 10 tahun, jangan pernah berpikir tentang memilikinya selama sepuluh menit.”

Dia mengatakan bahwa jika Anda terus membeli dan menjual saham, itu akan memotong persentase yang signifikan dari hasil return Anda yaitu dalam bentuk komisi perdagangan dan pajak. Jadi, lebih baik membeli saham yang bagus dan menahannya untuk waktu yang lama.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita seputar investasi saham ya Sobat 🙂

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *