Pengertian Saham Blue Chip

Sumber Gambar: Google Images

Di dunia saham seringkali kita mendengar istilah saham blue chip. Apa sih arti dari saham blue chip? Mari kita simak artikel berikut ini 🙂

Sebelumnya perlu kita ketahui bahwa penggolongan saham berdasarkan tingkat kapitalisasi pasar ada 3 yaitu:

  • Kategori saham blue chip yang terdiri dari saham-saham dengan kapitalisasi pasar di atas Rp 10 triliun
  • Kategori saham lapis dua (second liner) yang terdiri dari saham-saham dengan kapitalisasi pasar antara Rp 500 miliar hingga Rp 10 triliun
  • Kategori saham lapis tiga (third liner) yang terdiri dari saham-saham dengan kapitalisasi pasar di bawah Rp 500 miliar.

Di bursa saham Amerika (Wall Street), indeks yang mewakili saham-saham blue chip yaitu Dow Jones Indeks (DJIA). Dow Jones Indeks (DJIA) diisi oleh 30 saham pemimpin masing-masing sektor industri yang listing di bursa saham Amerika (Wall Street).

Sedangkan di Indonesia, Bursa Efek Indonesia (BEI) belum menetapkan suatu indeks yang mewakili saham-saham blue chip dari 500-an lebih saham yang terdapat di Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Namun secara umum, representasi dari saham blue chip dapat kita lihat di indeks LQ45 yang merupakan gabungan dari 45 saham dengan kapitalisasi pasar yang besar dan liquid (aktif diperdagangkan). Daftar 45 saham yang masuk indeks LQ45  di perbarui setiap 6 bulan sekali oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Update terbaru indeks LQ45 yakni periode Februari hingga Juli 2018 dapat kita lihat disini.

Contoh saham blue chip adalah PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Astra Internasional Tbk (ASII), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), dan lain-lain. Sehingga dapat kita pahami, saham blue chip adalah saham dengan kapitalisasi pasar yang besar, liquid (aktif diperdagangkan), serta memiliki kinerja dan reputasi yang baik. Oleh karena itu, saham-saham bluechip menjadi incaran investor untuk investasi jangka panjang.

Semoga artikel ini menambah wawasan kita mengenai arti saham blue chip 🙂

Share:

3 thoughts on “Pengertian Saham Blue Chip

  • April 5, 2018 at 11:20 am
    Permalink

    Oh jadi indeks LQ45 rata-rata dihuni oleh saham bluechip.. thx infonya

    Reply
    • April 5, 2018 at 11:30 am
      Permalink

      Dear Pak Eka,
      Sama-sama Pak, terima kasih telah mengunjungi web kami

      Salam,
      Nabung Saham

      Reply
  • April 17, 2018 at 10:04 am
    Permalink

    pantes, rata-rata perusahaan besaar yg masuk bluechip

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *