Belajar Saham

Modal Ideal untuk Main Saham


Ada salah satu pembaca yang memiliki pertanyaan bagus, “Pak berapa modal ideal untuk main saham?” Menjawab pertanyaan tersebut maka kami akan menjelaskannya dalam artikel berikut ini.

Untuk membuka rekening efek di suatu perusahaan sekuritas, biasanya kita diwajibkan untuk melakukan setoran awal minimal. Besarnya bervariasi tergantung kebijakan perusahaan sekuritas tersebut, ada yang mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Lalu pertanyaannya, berapakah modal ideal untuk berivestasi di saham?

Jawabannya relatif. Jika Anda hanya berniat untuk belajar atau berivestasi dalam jangka waktu yang panjang, maka modal kecil sudahlah cukup. Namun jika kemampuan trading anda sudah mumpuni dan berniat menjadikan trading saham sebagai profesi full time, maka anda memerlukan modal yang lebih besar.

Sebagai ilustrasi, jika return rata-rata IHSG setiap tahun adalah 20% maka dengan modal 100 juta anda akan mendapatkan return sekitar Rp 20 juta. Namun, pemain saham berpengalaman tentunya dapat mencetak return lebih tinggi dari itu.

Hm ternyata untuk main saham modalnya lumayan gede juga ya..

Benar, karena pada dasarnya membeli saham adalah membeli bisnis. Dan seorang pemain saham profesional tahu kapan waktunya untuk membeli ataupun menjual saham tergantung pada analisa dan kondisi pasar yang diamatinya.

Intinya modal ideal untuk main saham tergantung pada tujuan anda, apakah hanya ingin belajar, berinvestasi, atau trading secara rutin. Jadi jangan harap dengan modal kecil Anda bisa cepat kaya dari saham. Semoga artikel ini bermanfaat 🙂

Share:

3 thoughts on “Modal Ideal untuk Main Saham

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *