Belajar Saham

Arti Saham Likuid dan Saham Tidak Likuid

Ilustrasi Liquid. Sumber gambar: Google Images

Dalam ekonomi kita mengenal yang namanya aset likuid, yang artinya adalah aset tersebut mudah ditransaksikan lalu kemudian dikonversikan menjadi uang tunai. Contohnya adalah tabungan, deposito, dan tentunya uang.

Pada dunia saham, kita sering mendengar istilah saham likuid (saham yang sering ditransaksikan) dan saham illikuid (saham yang jarang ditransaksikan). Kita bisa mengetahui apakah suatu saham likuid atau tidak likuid secara realtime melalui tabel bid-offer price yang akan kita bahas berikut ini.

Arti Saham Liquid

Istilah likuid dalam saham berarti aktif diperdagangkan. Artinya antrian order selalu ada pada fraksi-fraksi harga pada harga permintaan maupun penawaran (bid offer price). Keuntungan dari memperdagangkan saham likuid adalah kita dapat membeli maupun menjual saham tersebut dengan cepat.

Coba perhatikan tabel bid-offer price pada salah satu saham penghuni LQ45 yaitu saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI)

Pada tabel di atas terlihat pada setiap fraksi 2 poin pada antrian harga permintaan (Bid) BUMI selalu ramai oleh calon pembeli, pada antrian harga penawaran (Ask) juga berlaku demikian.

Arti Saham Tidak Likuid

Jika ada saham likuid (aktif diperdagangkan), maka ada juga yang namanya saham tidak likuid (tidak aktif diperdagangkan) atau istilah lainnya adalah saham illikuid. Saham illikuid tidak disenangi oleh investor karena jarang ditransaksikan atau sepi peminatnya.

Berikut ini salah satu conton saham illikuid.

Pada tabel di atas terlihat pada harga bid price 398 dan 396 tidak ada antrian pembeli, baru ada pada harga 394. Jika saham tersebut likuid seharusnya di setiap fraksi harga 2 poin selalu diisi oleh calon pembeli maupun penjual. Artinya saham IGAR tersebut terlihat sedang sepi peminat atau jarang yang mentransaksikannya.

Bagaimana cara cepat menjual saham illikuid?

Pada contoh kasus ini, jika ada pemegang saham IGAR yang ingin segera mengkonversikan sahamnya menjadi uang cash, maka pemegang saham tersebut harus menjual di harga 4oo sebab di harga segitulah baru ada calon pembelinya. Kalau dihitung rugi karena saat ini harga pasar sahamnya 410 namun harus dijual secara diskon pada harga 400.

Tentang Saham LQ45

Pastinya kita sering mendengar Indeks LQ45 yang diambil dari kata Liquid 45. Artinya 45 saham penghuni indeks LQ45 merupakan saham liquid (aktif diperdagangkan). Ke-45 saham LQ45 tersebut di update setiap 6 bulan sekali. Update terbarunya dapat kita lihat disini.

Demikian artikel mengenai saham likuid dan illikuid. Semoga bermanfaat 🙂

Share:

5 thoughts on “Arti Saham Likuid dan Saham Tidak Likuid

    1. Secara garis besarnya saham liquid merupakan saham yang aktif diperdagangkan, sedangkan saham blue chip merupakan saham yang dimiliki oleh perusahaan berkapitalitasi pasar besar.

      Semoga bisa membantu, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *